Steak Ayam Tofu

Image

Weekend telah tiba! Hore, hore, hore! :mrgreen:

Seminggu yang lalu saya bergabung dengan page Langsung Enak di facebook yang juga ada situsnya. Seneng deh liat banyak inspirasi masakan dan kue. Apalagi kalau baca cerita membernya bagaimana mereka membuat masakan tersebut khusus untuk keluarga tercinta. Walaupun saya sekarang baru tinggal bersama suami saja, saya sudah bisa membayangkan senengnya kalau bikin masakan atau kue yang bikin anak sendiri lahap makannya. Pasti ketagihan masak!

Minggu lalu Mbak Tika alias mama Nisa, cerita tentang Nisa yang lahap banget makan hambagu buatan sang Mama. Pas cerita Mbak Tika keliatan berseri-seri gitu, duh jadi ikutan seneng, deh. Makanya jadi terpikir, mumpung sekarang belom riweh dan masih banyak waktu, kalau bisa mau praktek bikin masakan yang aneh-aneh sebanyak-banyaknya!

Nah, semingguan ini juga Langsung Enak isinya update tentang steak tempe. Bikin ngiler banget, apalagi saya ini penggemar tempe kelas berat. Tapi berhubung disini tempe mahalnya ngalahin daging, apalagi sekarang udah masuk tanggal tua dan demi menghabiskan bahan makanan di dalam freezer, saya cari-cari cara buat bikin makanan yang agak sama tapi bukan hambagu lagi. Akhirnya setelah baca-baca, saya berniat mempraktekkan resep dari salah satu blog favorit saya yaitu blog Nami-san. Resepnya adalah Chicken Tofu steak. Kebetulan ada sisa ayam cincang dari bikin siomay waktu itu. Akhirnya siap dieksekusi. Saya modifikasi sedikit dari resep asli juga memakai saus yang saya pakai di resep hambagu dulu.

Steak Ayam Tofu

untuk 2-3 porsi

Bahan:

  • 200 gr tahu putih (jangan pakai tahu sutera), tiriskan lalu hancurkan dgn garpu
  • 250 gr ayam cincang
  • 3 buah shitake, cincang
  • 1 cm jahe, cincang (bagi anak-anak yg kurang suka, boleh diskip, ganti dgn 1 shitake)
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sdm maizena

Bahan bumbu-bumbu:

  • 1 sdm maizena
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1/2 sdt shoyu (atau kecap asin)
  • sejumput garam
  • sejumput kaldu bubuk rasa ayam
  • sejumput lada hitam

Bahan saus :

  • 1/2 sdm butter
  • air 80 ml
  • 1 sdm maizena dicairkan dgn air
  • 2 sdm pasta black pepper (opsional)
  • sejumput lada hitam
  • 4 sdm kecap inggris
  • 3 sdm saus tomat
  • 1 sdt gula
  • sejumput kaldu bubuk rasa ayam

Cara pembuatan:

    1. di dalam mangkuk besar, campurkan shitake, daging ayam, daun bawang, jahe, tepung, telur, dan tahu putih. Uleni sebentar dengan tangan.
    2. masukkan semua bahan bumbu lalu aduk kembali dengan tangan.
    3. ambil adonan sekepalan tangan (jangan terlalu banyak), lalu bulatkan.
    4. main lempar tangkap (lemparkan adonan dari satu tangan ke tangan lainnya) selama lima kali, untuk membuang udara di dalam adonan, kemudian bulatkan (jangan dibentuk pipih dulu). lakukan sampai adonan habis

20140201-221125.jpg

    1. masukkan adonan ke dalam 1 sdm minyak yang telah dipanaskan. Setelah adonan ditaruh di wajan, pipihkan dengan dua ruas jari hingga membentuk patty.
    2. Goreng selama 5 menit tanpa dibalik dgn api sedang, balik adonan ketika sudah kecoklatan.

20140201-220946.jpg

  1. setelah dibalik, turunkan api dan goreng selama 10 menit atau sampai adonan sudah coklat keemasan.

Cara membuat Saus:

  1. di dalam panci kecil, campurkan semua bahan kecuali butter. kemudian didihkan.
  2. ketika sudah agak mendidih, masukkan butter dan aduk terus.
  3. setelah benar-benar mendidih, cicipi dulu dan tambahkan apa yang kurang sampai terasa pas.
  4. terakhir, masukkan cairan maizena dan masak sampai mengental.
  5. tuang saus diatas steak.

Image

Steak bisa dihidangkan dengan sayuran atau salad kesukaan dan kentang goreng atau bahkan nasi. Kalau suami saya jelas ga bisa makan steak ini tanpa nasi. Lebih enak sih memang! hihihi.

Untuk teksturnya sendiri, steak ini lebih terasa ringan dan ga “ndaging” banget. Cocok buat yang mau diet. Juga ada distinguished taste dari jamur shitake dan jahe. Tapi karena jahenya terasa kuat, saya pikir mungkin anak-anak kurang suka ya. Yah, bisa diskip, kok. Waktu saya tanya suami, dia lebih suka hambagu atau yang ini, tentu saja dia bilang dua-duanya! Jadi kalau pernah bikin hambagu, saya cukup yakin bakal suka juga dengan resep yang ini…*yakin amat* :mrgreen:

Anyway, selamat hari Sabtu semua dan selamat makan!

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s