Balado Kentang Teri

Adalah kegembiraan buat saya ketika akhirnya saya bisa kembali masuk dapur buat masak-masak. Yeah, seneng!
Dikarenakan ngidam masakan Indonesia yang kebanyakan ga dijual di Restoran Indonesia disini, akhirnya saya pun kembali berkutat cari resep baru untuk dicoba.
Gatau kenapa pas masuk trimester kedua, saya ngidam masakan pedes-pedes terus. DI kepala tuh yang kebayang sambel warna merah terang dan bikin kepedesan. Kayanya nikmat.
Saya akhirnya memutuskan untuk nyobain bikin Balado kentang teri. Dulu saya pernah bikin juga, tapi pake sambel bumbu bikinan mertua. Jadi ini pertama kalinya saya bikin masakan balado from scratch. Ternyata ga susah, kok.
Resep sambelnya ini bisa dipake buat balado telur atau ayam ya. Mungkin kalo telur dan ayam dibikin lebih banyak lagi cabe merah-nya sehingga jadi lebih banyak jumlah sambelnya.
Ini dibikin udah 3 minggu yang lalu kayanya, dan saat itu ga kepikiran untuk mendokumentasi-kan. Jadi fotonya seadanya aja, ya.

balado kentang
Balado Kentang Teri
Untuk 2-3 porsi

Bahan:
3-4 buah kentang, potong memanjang agak tipis, goreng hingga matang
50-100 gr Teri medan, goreng hingga matang
setengah buah tomat, potong-potong
5 buah bawang merah, iris tipis
1 buah daun salam
1 cm lengkuas dimemarkan
garam, gula, lada secukupnya

Bumbu halus:
6 buah cabe merah besar
2-3 buah cabe rawit/cabe yang pedas (bisa diskip bila tidak ingin pedas)
3 siung bawang putih

Cara membuat:
1. Panaskan minyak dan tumis bawang merah hingga harum. Kemudian masukkan bumbu halus dan tumis sebentar.
2. masukkan daun salam, lengkuas, tomat yang sudah dipotong, tumis sampai tomat hancur (tidak berupa potongan lagi. Tambahkan gula, garam dan lada. Kemudian cicipi sampai rasanya pas.
3. Masukkan teri dan tumis lagi, terakhir masukkan kentang yang sudah digoreng dan aduk sampai semua kentang terkena bumbu sambalnya.
4. matikan api, sajikan dengan nasi hangat.

Simpel, kan?
Sambal balado ini kayanya basic untuk resep balado lainnya, selain buatnya mudah dan cepat, rasanya pun bikin pingin nambah nasi terus. Selamat makan!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s