The Evolution of Love

Love after marriage is different than love during courtship, and love after marriage with one kid is different than love after marriage. Love does evolve. Now when your spouse says “I love you”, you know they meant it because he helped you cooking, he helped you taking care your house chores while you calm the crying baby, he waited for you shopping for hours with no complaint, he never say anything when you snapped at him when your mood is at the lowest. 

You know the words “I love you” werent just words. 

And you know yours are also more than words when you always want to try your best, put your baby and his happiness above yours, hoping your feeling reach him well. 

Love does evolve, love does change. 

May we never have to be out of love, even when we do, may we always find the way to be back home; into each other’s heart. 

Weaning Stage 1

Bentar lagi Reika masuk 6 bulan. Udah akan MPASI. Beberapa hari yang lalu ngetes kasih dia beberapa sayur dan buah. So far reaksinya dia tertarik akan makanan di luar ASI. 

Lalu mendadak emaknya galau. Kok galau?iyalah, meskipun Reika belom (insya Allah) akan sapih ASI sepenuhnya, tapi mungkin kegiatan menyusui dia akan berkurang. Sedih lah pastinya buat emaknya. Kaya ada kegiatan bersama yang akan hilang. 

Akhirnya kasih MPASI nya berhenti dulu. Selain karena kemaren dia ga pup 2 hari bikin ketar-ketir, saya pengen menikmati 5 hari terakhir sebelum 6 bulannya dia ini untuk puas-puasin nyusuin dia. Bener-bener nyusuin, ga pake mainan hape pas nyusuin, atau nonton tipi. Tiap berapa jam saya tawarin terus, sampe-sampe dia sering gumoh kekenyangan. Hihi, maap ya nak. 

Ga terasa dia bentar lagi setengah tahun. Kemana coba 6 bulan kemaren? Cepet banget begitu aja terbang. Dari dia yang cuma bisa nangis, emaknya yang belom bisa nyusuin, alih-alih nyusuin, malah gendongin dan pelukin dia semalaman. Untungnya dia juga diem tidur dipeluk. Ya Allah nak, padahal mungkin pas itu kamu laper banget ya? Maafin mamamu ini ya nak. Kalo inget kebodohan saya itu rasanya pengen langsung nyusuin dia sekarang buat gantiin saat itu. 

Ah, Reika udah mau 6 bulan ya. Udah petakilan banget. Kemaren malah sempet berdiri sendiri pas pegangan rak buku. Saya cuman bengong-bengong sambil sibuk megangin takut dia jatuh. Jangan-jangan pulang ke Indonesia udah bisa jalan? Ah yang penting mah kamu sehat, nak. 

6 bulan ya…semoga saya dimudahkan dan dilancarkan untuk bisa menyusui sampai Reika waktunya harus sapih penuh 2 tahun nanti. Aamiin.