Balado Kentang Teri

Adalah kegembiraan buat saya ketika akhirnya saya bisa kembali masuk dapur buat masak-masak. Yeah, seneng!
Dikarenakan ngidam masakan Indonesia yang kebanyakan ga dijual di Restoran Indonesia disini, akhirnya saya pun kembali berkutat cari resep baru untuk dicoba.
Gatau kenapa pas masuk trimester kedua, saya ngidam masakan pedes-pedes terus. DI kepala tuh yang kebayang sambel warna merah terang dan bikin kepedesan. Kayanya nikmat.
Saya akhirnya memutuskan untuk nyobain bikin Balado kentang teri. Dulu saya pernah bikin juga, tapi pake sambel bumbu bikinan mertua. Jadi ini pertama kalinya saya bikin masakan balado from scratch. Ternyata ga susah, kok.
Resep sambelnya ini bisa dipake buat balado telur atau ayam ya. Mungkin kalo telur dan ayam dibikin lebih banyak lagi cabe merah-nya sehingga jadi lebih banyak jumlah sambelnya.
Ini dibikin udah 3 minggu yang lalu kayanya, dan saat itu ga kepikiran untuk mendokumentasi-kan. Jadi fotonya seadanya aja, ya.

balado kentang
Balado Kentang Teri
Untuk 2-3 porsi

Bahan:
3-4 buah kentang, potong memanjang agak tipis, goreng hingga matang
50-100 gr Teri medan, goreng hingga matang
setengah buah tomat, potong-potong
5 buah bawang merah, iris tipis
1 buah daun salam
1 cm lengkuas dimemarkan
garam, gula, lada secukupnya

Bumbu halus:
6 buah cabe merah besar
2-3 buah cabe rawit/cabe yang pedas (bisa diskip bila tidak ingin pedas)
3 siung bawang putih

Cara membuat:
1. Panaskan minyak dan tumis bawang merah hingga harum. Kemudian masukkan bumbu halus dan tumis sebentar.
2. masukkan daun salam, lengkuas, tomat yang sudah dipotong, tumis sampai tomat hancur (tidak berupa potongan lagi. Tambahkan gula, garam dan lada. Kemudian cicipi sampai rasanya pas.
3. Masukkan teri dan tumis lagi, terakhir masukkan kentang yang sudah digoreng dan aduk sampai semua kentang terkena bumbu sambalnya.
4. matikan api, sajikan dengan nasi hangat.

Simpel, kan?
Sambal balado ini kayanya basic untuk resep balado lainnya, selain buatnya mudah dan cepat, rasanya pun bikin pingin nambah nasi terus. Selamat makan!

Siomay Ayam

Sebenernya bikin siomay itu gampang bingit, apalagi kalau punya food processor, segala ayam ikan daun bawang masukin aja ke food processor. Sementara karena saya ndak punya, jadi cukup puwas dengan pakai ayam cincang saja (ikan atau udang-nya di-skip). Rasanya jadi ayam banget. Tapi tetep uenak! Oya, di Jepang saya bingung dimana cari tepung kanji. Tiap ke supermarket dan cari tapioka sutachi (タピオカスターチ) selalu ga nemu. Katanya sih bisa diganti dengan katakuriko (片栗粉) tapi dikasih tau sama suami waktu dia bikin bakso pakai katakuriko eh ga kenyal sama sekali. Untungnya di dekat rumah ada toko bahan Indonesia, jadilah beli disitu. Jadi saya gatau gimana kalau pakai katakuriko ya.
Juga karena saya kesulitan menemukan kulit siomay, ada teman yang menyarankan pakai aburage (油揚) semacam kulit tahu tipis yang bisa dipakai buat inari sushi. Awal buat saya pakai ini tapi kemudian malas dan saya bikin ala abang-abang alias bulat-bulat asal..hehe

Resep asli diambil dari Sajian Sedap dengan modifikasi disana-sini.

Siomay Ayam
untuk sekitar 20-25 buah

20140112-191621.jpg

Bahan:
– 200-250 gr daging ayam cincang
– 3 siung bawang putih cincang halus
– 2 btr telur
– 5-10 sdm tepung kanji
– 2 batang daun bawang, iris tipis
– 1 sdm kecap ikan
– 1/2 sdt minyak wijen
-1/2 sdt garam
– 1/2 sdt lada
– 1/2 sdt gula
– penyedap rasa ayam secukupnya
– kulit siomay (opsional)
– bumbu pecel instan sebagai saus (opsional, kalau mau buat kuah sendiri lihat di Blog lain aja ya, maap :p)

Cara membuat :
1. Dalam mangkuk besar, campurkan ayam, gula, garam, lada, telur, daun bawang, bawang putih, minyak wijen, kecap ikan. Aduk rata.
2. Setelah tercampur, banting-banting kecil di dalam mangkuk.
3. Campurkan tepung kanji.
4. Masukkan dalam kulit siomay atau aburage, atau bulat-bulatkan dengan sendok dan kukus dalam dandang yang sudah panas.
Sebelum mengukus, pastikan dandang dilumuri minyak agar tidak lengket.
5. Kukus dengan api sedang selama 20-25 menit sampai matang.
6. Sajikan bersama telur rebus, kentang kukus, kubis kukus, pare kukus, tahu, dan batagor jika suka. Jangan lupa kuahnya!

Gampang banget, kan?

20140112-191918.jpg