Hayashi Rice

Sebetulnya tadinya pengen makan kare rice. Tapi udah nyari setengah mati roux curry yang non babi dan non hewan lain, kok ya ga nemu. Eh pas lagi liat-liat, nemu roux hayashi rice yang free animal! Bentuknya sih mirip kare rice, langsung deh pengen coba!
20140124-123847.jpg

Hayashi rice itu apa sih?
Ini masakan Jepang yang sebetulnya adaptasi dari masakan barat. Sama lah kasusnya kaya Hambagu. Tapi beda dari hambagu yang namanya berunsur barat, hayashi rice terdengar sangat jepang, ya? Hayashi sendiri katanya sih berasal dari kata “hashed beef”. Emang hayashi rice lebih sering menggunakan daging sapi daripada daging lain. Tapi berhubung di freezer saya adanya daging ayam, kali ini saya bikin chicken hayashi rice aja dulu deh..hehe.

Saya juga pakai jamur shimeji dan masukin kentang wortel tetep ada sayurnya. Serat nomer satu lah!
Pas lagi bikin ini saya juga jadi inget tiap makan kare rice di kantin kampus dulu, selalu ada acar merah gitu, pas gugling ternyata namanya fukujinsuke. Pas upload foto di fesbuk dikomentarin sama teman Jepang kalau menghidangkan hayashi rice dengan fukujinsuke itu cara orang Jepang banget. Ya iyalah, mumpung bisa dicari, I am going all out! :mrgreen:

20140124-123911.jpg

Hayashi Rice
untuk 4-6 porsi
br />20140124-013325.jpg

Bahan:
200 gr ayam / daging sapi, potong dadu
1/2 bombay
Jamur shimeji (bisa di skip)
1/2 wortel potong tipis
1 kentang potong 2 cm
Sejumput garam
Lada
Bubuk cabe (opsional)
Air 600ml
Hayashi roux 1/2 (untuk porsi 5-6)

Pelengkap:
Telur rebus
Fukujinsuke
Nasi

Cara membuat:
1. Tumis bombay sampai layu.
2. Masukkan daging dan tumis bersama sampai daging setengah matang
3. Masukkan air, rebus selama 20 menit dgn api kecil
5. Masukkan kentang, masak selama 5 menit
4. Masukkan roux dan aduk sampai roux meleleh rata
5. Masukkan juga jamur dan wortel, masak lagi selama 15 menit tergantung tingkay kekentalan yg disukai (semakin lama semakin kental). Tambahkan lada bubuk cabe dan garam secukupnya.
6. Hidangkan bersama nasi, telur rebus dan fukujinsuke bila suka.

Rasanya Hayashi rice ini sedikit berbeda dari kare. Tidak terlalu rempah tapi tetap enak lho..nyam! Nyam!

Advertisements

Halal Hambagu (Japanese Hamburger Steak) Recipe

Saya doyan banget sama daging-dagingan kayak Steak, Hamburger, atau Yakiniku. Tapi sayangnya kebanyakan restoran Jepang menggunakan daging babi (atau campuran daging babi) dalam tiga masakan tersebut. Walhasil mau ga mau cara paling aman ya masak sendiri. In shaa Allah saya yakin masakan saya halal karena saya pakai daging halal dan saya tidak pakai alkohol.

Resep untuk Hambagu ini saya ambil dari Blog ini dan kemudian saya modifikasi sendiri sesuai standar halal.

HALAL HAMBAGU RECIPE:

Untuk 2 Porsi

hambagu

Bahan Hambagu

  • 300 gram daging sapi cincang
  • 1/2 bawang bombay, potong dadu
  • 1/2 sdt lada hitam
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1 butir telur
  • 2 sdm susu cair
  • 70 gram tepung panir
  • 1 sdt garam (untuk daging)
  • 1/2 sdt cabe bubuk (opsional)
  • minyak untuk menumis dan menggoreng

Cara membuat

  1. tumis bawang bombay dalam 1 sdm minyak hingga layu, bumbui dengan sejumput garam dan lada hitam
  2. sisihkan dan tunggu sampai benar-benar dingin baru digunakan
  3. dalam mangkok besar, campurkan daging, tumisan bawang bombay yg sudah dingin, tepung panir, garam, lada hitam, pala bubuk, susu cair, dan telur. campur dengan tangan sampai terasa lengket.
  4. ambil adonan daging sekepalan tangan lalu bulatkan, setelah itu pindahkan adonan dari satu tangan ke tangan lain seperti sedang main lempar tangkap. Lakukan sebanyak 5 kali.
  5. bulatkan adonan, lakukan sampai sisa adonan habis.
  6. simpan dan tutup dengan plastik wrap, simpan dalam kulkas selama 30 menit.
  7. dalam wajan datar, panaskan 2 sdm minyak, masukkan adonan daging tadi ke dalam minyak
  8. pipihkan adonan dengan jari sampai membentuk burger patty (jangan sampai tipis sekali!)
  9. gunakan api kecil saat menggoreng agar adonan matang sampai ke dalam, terutama untuk adonan yang tebal (seperti punya saya!) dan goreng sampai daging berwarna coklat matang, hindari sering membolak-balik karena nanti adonan akan rusak bentuknya
  10. setelah kedua sisinya sudah matang, angkat dan tiriskan.

Bahan Saus:

  • 1 sdm butter
  • 60 ml air
  • 3 sdm saus tomat
  • 3 sdm kecap inggris (ウスターソース)
  • 2 sdm pasta lada hitam (opsional)
  • 1 sdt gula pasir

Cara membuat:

  1. campurkan semua bahan di atas (kecuali butter)
  2. masukkan ke dalam wajan bekas menggoreng daging tadi bersama dengan butter
  3. masak sampai mengental dan meletup, cicipi dan tambahkan garam/gula/lada sesuai selera

Cara penyajian:

  1. di dalam piring, sajikan daging hambagu dan siram dengan sausnya.
  2. anda bisa menambahkan sayuran dan kentang goreng untuk side dish.

Happy Cooking!