Blueberry Lemon Muffin

Sebagai pecinta berat muffin, saya jadi sering tergoda tiap liat resep muffin. Kenapa saya suka bikin muffin? Soalnya biasanya gampang banget. Ga butuh yang namanya mikser, telor paling cuma butuh 1 atau 2, tingkat kegagalan rendah udah gitu mentega bisa diganti minyak sayur. Pokoknya Muffin bener-bener andalan banget deh buat beginner dalam baking kayak saya ini. Beberapa resep muffin sudah saya coba, dan ternyata ga semua jenis muffin saya suka (gaya bener kayak udah nyoba ribuan resep aja :mrgreen: ) . So far saya paling suka banana muffin dan chocolate muffin aja. Chocolatechip muffin kurang nendang buat saya, dan waktu itu coba kabocha muffin, suami doyan tapi saya malah ga suka. Gara-gara itu juga, pas liat resep blueberry lemon muffin di blog ini saya jadi agak ragu. Enak ga ya..soalnya blueberry muffin sendiri saya ga terlalu suka. Kurang greget gitu!
Tapi karena udah lama banget ga baking muffin dan saya males beli pisang, jadilah saya coba resep ini. Resep ini minta 1/2 cup blueberry, tapi di kulkas saya cuma punya stok blueberry seuprit (lagian mahal bok!) jadi ya saya pake blueberrynya cuma buat topping atasnya doang..hihihi. Sempet kepikiran diganti kismis aja dalemnya, atasnya baru blueberry. Tapi last minute gajadi. Kalo ada yg mau bikin pakai kismis, kasih tau ya berhasil atau ga 😛
Saya juga modif sedikit gulanya karena takut kurang manis. Dan ternyata bener, emang harus agak banyak gula biar ga terlalu asem!

Blueberry Lemon Muffin

for 6 muffin cups

20140123-221845.jpg

Bahan :
165 gr all-purpose flour (tepung protein sedang)
100-120 gr gula
50 ml minyak sayur
1/2 cup blueberry
Perasan dari 1/2 lemon
Parutan kulit (zest) 1/2 lemon
1 butir Telur (60g)
Sejumput garam
1 1/2 sdt baking powder
1/4 sdt baking soda (gada di resep, saya tambahin sendiri)
1/2 sdt vanilla bubuk (gada di resep, saya tambahin sendiri)
120 ml susu cair

Bahan toping :
15 gr mentega
2 sdm tepung
2 sdm gula
1/4 sdt kayu manis
Parutan kulit 1/2 lemon

Cara membuat toping :
Campurkan semua bahan dengan garpu sampai adonan berbulir. Simpan di kulkas sembari membuat adonan muffin.

Cara membuat muffin:

1. Campurkan semua bahan kering: tepung, baking powder, baking soda, vanilla, zest lemon dan aduk sampai rata.
2. dalam mangkuk lain, campurkan gula dan telur, aduk sampai tercampur. Setelah itu masukkan minyak, susu dan perasan lemon. Aduk sampai gula larut.
3. Masukkan bahan kering tadi ke dalam campuran telur, campurkan dengan spatula. Jangan aduk terlalu lama! Ini yang membuat muffin bantet. Campurkan hanya sampai tepung sudah tidak terlihat lagi.
4. Masukkan blueberry.
5. Masukkan adonan ke dalam loyang muffin yang sudah dilapisi mentega atau sudah dilapisi kertas muffin. Isi 3/4 nya.
6. Beri topping atasnya dan hiasi dengan blueberry.
7. Panggang dengan suhu 200 derajat celcius selama 5 menit, lalu turunkan suhu ke 180 derajat celsius dan panggang selama 20-25 menit.
8. Untuk mengecek apakah sudah matang atau belum, lakukan tes tusuk dgn tusuk gigi. Muffin matang bila tusuk gigi bersih dan adonan sudah tidak basah.

Rasa muffin ini segar sekali, ringan dan walaupun asam, asamnya bikin ketagihan! Udah gitu wanginya bener-bener menggiurkan! Silakan dicoba ya 🙂